Sabtu, 23 Oktober 2010

Puisi Terbaik PBB 2006

Filled under:



Teman2, inilah puisi yang menjadi nomine puisi terbaik PBB tahun 2006.

Penulisnya adalah seorang bocah dari benua Afrika bernama Aly El Shaly.

Coloured

When I born, I black
When I grow up, I black
When I go in Sun, I black
When I scared, I black
When I sick, I black
And when I die, I still black

And you white fellow
When you born, you pink
When you grow up, you white
When you go in sun, you red
When you cold, you blue
When you scared, you yellow
When you sick, you green
And when you die, you gray

And you calling me colored?

--------

Atrinya:

Ketika Aku lahir, Aku hitam ( berkulit hitam )
Ketika Aku besar, Aku hitam
Ketika Aku berjemur, Aku hitam
Ketika Aku ketakutan, Aku hitam
Ketika Aku sakit, Aku hitam
dan ketika Aku mati, Aku tetap hitam

Dan kamu orang putih ( berkulit putih )
Ketika Kamu lahir, kamu Jingga Kemerah2an
Ketika Kamu besar, Kamu Putih
Ketika Kamu berjemur, Kamu Merah
Ketika Kamu Ketakutan, Kamu Membiru
Ketika Kamu sakit, Kamu Hijau
Dan Ketika Kamu Mati, Kamu Pucat Keabu2an

Dan Kamu… memanggil aku "berwarna" ???


*****
NB: orang bule menganggap ras lain sebagai orang kulit berwarna, dan berkesan merendahkan.

0 komentar:

Posting Komentar