Kamis, 21 Oktober 2010

7 Perkara yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Makan

Filled under:

Oleh: DR. Ilyas Zuhair


Allah swt telah menetapkan dan mewajibkan berbuat baik dalam segala sesuatu, dalam membunuh, dalam menyembelih dan dalam hal apapun. Nabi Muhammad saw sendiri memohon kepada Allah agar ditolong untuk untuk beribadah kepada Allah dalam bentuk yang terbaik. Dan menjadikan sikap meninggalkan sesuatu yang kurang baik sebagai pertanda muslim yang baik. Dan Nabi saw bersabda: 

اِحْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلاَ تَعْجِزْ
“Berambisilah untuk hal yang bermanfaat bagimu, dan mohonlah pertolongan kepada Allah. Dan jangan lemah.” (HR. Muslim).

Oleh karena itu, saya terangkan beberapa kasalahan yang sering kita lakukan setelah makan. Saya akan meringkasnya pada poin berikut:

1.      1. Merokok.
Para ilmuwan telah menetapkan dengan percobaan bahwa merokok satu batang setelah makan setara dengan merokok  10 batang pada waktu yang lain. Artinya kerusakan dan penyakit yang diakibatkan oleh satu batang rokok setelah makan sama dengan kerusakan dan penyait yang diakibatkan oleh 10 batang rokok.

2.       2. Langsung Makan Buah-buahan.
Sesungguhnya langsung mengkonsumsi buah-buahan setelah makan akan meyebabkan terisinya perut dengan udara. Oleh karena itu dinasihatkan tidak memakan buah-buahan sebelum satu atau dua jam setelah makan, atau bisa juga satu jam sebelum makan.

3.       3. Langsung minum teh.
Dikarenakan daun-daun teh banyak mengandung unsur kimia karbon, di mana bahan kimia ini akan mempengaruhi protein yang ada pada makanan yang kita makan dan menjadikannya keras hingga sukar dicerna.

4.       4. Melonggarkan sabuk di perut.
Melonggarkan ikat pinggang setelah makan akan menyebabkan mulasnya lambung dan kebuntuannya (penyumbatan usus).

5.       5. Langsung mandi.
Langsung mandi setelah makan akan menyebabkan mengalirnya darah ke penghujung tubuh, yaitu ke ujung-ujung tangan dan kaki. Akibatjnya jumlah darah yang mengalir di sekitar lambung menjadi sedikit. Hal ini menyebabkan lemahnya proses pencernaan.

6.       6. Langsung berjalan.
Termasuk kesalahan fatal adalah keyakinan banyak orang terhadap pernyataan “Jika engkau berjalan seratus langkah setelah makan, maka sesungguhnya engkau akan menikmati kesehatanmu hingga usia 99 tahun.” Ini adalah pernyataan yang salah, di mana langsung berjalan setelah makan akan meyebabkan lemahnya dan terganggunya proses pencernaan.

7.       7. Langsung tidur.
Sesungguhnya langsung tidur setelah makan akan menyebabkan tidak sempurnanya proses pencernaan yang akan menyebabkan kerusakan lambung atau radang lambung. (AR).

0 komentar:

Posting Komentar