Jumat, 27 Agustus 2010

Ada 4 Hal

Filled under:

 Ada empat hal yang akan membuat badan sakit, yaitu: terlalu banyak bicara, terlalu banyak tidur, terlalu banyak makan, dan terlalu banyak melakukan hubungan badan. Terlalu banyak bicara membuat kemampuan otak menurun, membuat lemah dan mempercepat tumbuhnya uban. Terlalu banyak tidur akan membuat wajah menjadi pucat, hati menjadi buta, mata menjadi jelalatan, malas bekerja, cenderung berperilaku kasar, serta penyakit-penyakit lain yang sulit dicari obatnya. Terlalu banyak melakukan hubungan badan akan membuat badan menjadi lemah, membuat kekuatan menurun, menurunkan kebugaran tubuh, membuat otot mengendur, dan menimbulkan banyak dampak membahayakan ke seluruh tubuh. Dampaknya terhadap otak adalah daya ingat menurun karena otak dibuat terlalu letih, dan kemampuannya untuk menurunkan kemampuan tubuh lebih besar dibandingkan kegiatan-kegiatan lainnya.

Ada empat hal yang merusak tubuh, antara lain: cemas, sedih berkepanjangan, lapar, dan kurang tidur malam.

Ada empat hal yang memberikan kesenangan ke dalam hati, yaitu: melihat yang hijau-hijau, melihat air yang mengalir, melihat kekasih, dan melihat buah-buahan.

Empat hal yang bisa membuat pandangan mata menjadi gelap antara lain: berjalan tanpa alas, bersedih di pagi buta dan sore hari menjelang tidur, terlalalu sering menangis, dan terlalu banyak membaca tulisan-tulisan yang sangat kecil.

Empat hal yang membuat badan menjadi kuat antara lain: mengenakan pakaian yang lembut, mandi dengan air hangat, makan makanan yang manis dan berlemak, dan mencium wewangian.

Empat hal yang menghilangkan kesegaran dan keceriaan wajah antara lain: berbohong, tak tahu malu, terlalu banyak bertanya yang tanpa dasar, dan banyak melakukan maksiat.

Empat hal yang membuat wajah semakin segar antara lain: menjaga harga diri, menepati janji, dermawan, dan takwa.

Empat hal yang mendatangkan kemarahan dan kebencian antara lain: takabur, dengki, bohong dan suka mengadu.

Empat hal yang bisa mendatangkan rezki antara lain: bangun malam untuk sholat, banyak beristighfar menjelang fajar, membiasakan memberi, dan membiasakan diri berdzikir di sore hari.

Empat hal yang akan mencegah datangnya rezki antara lain: tidur di pagi hari, jarang sholat, malas, dan suka berkhianat.

Empat hal yang akan membahayakan pemahaman dan kemampuan otak antara lain: ketagihan makanan yang masam dan buah-buahan, tidur terlentang, resah, dan gundah.

Empat hal yang akan menambah daya pemahaman antara lain: hati yang bersih, tidak menjejalkan makanan dan minuman ke dalam tubuh secara berlebihan, mengatur menu makanan yang baik dengan menambahkan makanan yang manis dan mengandung lemak, membuang semua endapan makanan yang memberatkan badan.

Source: La Tahzan

0 komentar:

Posting Komentar